Seringkali masalah datang menyapa diri dalam menjalani hari-hari. Berupa komplen, kejutan, hujatan atau penyalahan terhadap diri. Walau sebenarnya kesalahan itu bukan datang dari kita, tapi atas dasar kekeliruan pihak lain. Bila hal tersebut datang dari pihak eksternal (orang lain). Mari kita mencoba trik-trik berikut ini, dalam menyikapinya:
- Tenangkan hati dan jiwa,
- Sempatkan menarik nafas sejenak,
- Berfikir optimis,
- Yakinkan hati langkah ini sukses 100%!!
- Bila lawan (pihak eksternal) tidak ada di hadapan kita, misalnya: komunikasi via telepon, chattingan atau sejenisnya; yakinkan diri bahwa ia (lawan komunikasi) tersebut sedang berada di hadapan kita. So…, tersenyumlah
sejenak sebelum memberikan feed back). - Mulailah bertindak, berbicara atau memberi respon dengan sebijak-bijaknya
- Jaga kesopanan. Anggaplah kalau yang ada di pihak eksternal tadi adalah diri kita sendiri.
Bagaimana perasaan kita, kalau kita kembali diperlakukan tidak sopan?
Jadi, walaupun sebenarnya kita tidak salah, jangan malah berbalik menghujat dan menyalahkan oranglain.
Semoga bahagia selalu menyinari hati kita, membahagiakan hati mereka…
Masalah selesai, orang lain dan diri kita bisa tersenyum kembali…. 