24.10.09

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI

PROGRAM KEAHLIAN MULTIMEDIA

SMK NEGERI 8 SEMARANG

DI

SEKOLAH TINGGI SENI RUPA DESAIN VISI

JOGJA
















Oleh :

X Multimedia 1

1. Intan Puspa Ayu Sukandar

2. Maya Febriana

3. Marita Eka

4. M. Syafrizal

5. Niken Ida

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 SEMARANG

TAHUN AJARAN 2008 / 2009

LEMBAR PENGESAHAN

Laporan ini disetujui oleh pembimbing dan ketua program keahlian serta disahkan oleh kepala sekolah sebagai persyaratan-persyaratan untuk mengikuti uji kompetensi dan ujiam akhir semester tahun ajaran 2008 / 2009.

Semarang, Mei 2009

menyetujui ,

Ketua Program Keahlian Pembimbing

Ardhan Sirrodjuddin, S.Pd Dra. Almiati

NIP.19731008200501104 NIP.

Mengetahui,

Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Semarang

Drs. H. Ahmad Ishom, M. Pd

NIP. 1962212191993031007

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kepada tuhan yang maha esa atas limpahan dan karunia-Nya sehingga kami selaku penulis dapat menyelesaikan laporan kunjungan Industri di Sekolah Tinggi Seni Rupa Desain visi (STRD visi).

penulis dan penyusun laporan kunjungan industri mempunyai maksud dan tujuan yaitu untuk memenuhi persyaratan tugas akhir semester tahun pelajaran 2008 / 2009.

dalam menyelesaikan tugas akhir ini penulis tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, oleh karena itu penulis sepatutnya banyak berterima kasih kepada :

  1. Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi kelancaran kepada kami dalam membuat laporan industri ini.
  2. orang tua penulis yang telah mendukung dan memberikan bantuan baik secara materil, moril, dan motivasi sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kunjungan industri.
  3. Bapak Drs. H. Ahmad Ishom , M. Pd. selaku kepala sekolah smk negeri 8 semarang yang telah memverikan izin dilaksanakannya kunjungan industri.
  4. Bapak Ardhan Sirrodjuddin, S. Pd. selaku ketua program keahlian Multimedia 1 yang telah memberikan dukungan.
  5. Ibu Erni Ambarbingrum, selaku wali kelas X Multimedia 1 yang telah memberi dukungan.
  6. pembimbing yang telah membimbing penulis sampai dengan disusunnya laoran ini.
  7. staff dan pengajar sekolah tingi seni rupa desain visi ( STSRD visi) yang telah membantu dalam memberikan pelatihan dan informasi tentang materi yang di butuhkan penulis.
  8. teman-teman yang telah membantu dalam penyusunan laporamn kunjungan industri ini.
  9. dan semua pihak yang turut membantu serta mendukung baik secara moril maupun materil dalam menyelesaikan laporan kunjungan ini.

namun dalam penyelesaian penulis menyadari, bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri ini jauh dari sempurna. oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kemajuan penulis di hari depan.

Semarang, Mei 2009

Penulis

DAFTAR ISI

Pengesahan ................................................................................................................ i

kata pengantar............................................................................................................ ii

Daftar isi.................................................................................................................... iii

Bab I Pendahuluan

Latar Belakang ......................................................................................................... 1

Tujuan ...................................................................................................................... 2

Manfaat..................................................................................................................... 3

Bab II Profil Sekolah Tinggi Seni Rupa Desain Visi Indonesia

Pendahuluan ............................................................................................................. 4

Tentang STSRD visi .................................................................................................. 5

Program profesi ................................................................................................. 6a-6d

Bab III Cara membuat kartun

Software yang digunakan .......................................................................................... 7

Hardware yang digunakan ......................................................................................... 8

Proses pembuatan ..................................................................................................... 9

Bab IV Penutup

Kesimpulan ............................................................................................................. 10

saran ...................................................................................................................... 11

Dokumentasi............................................................................................................ 12

LATAR BELAKANG

Ilmu adalah hal yang wajib di cari dan didapatkan semua orang. karena ilmu dpat menjadikan seseoartang mendapatkan pengalaman dan menambah pengetahuan. bukan itu saja siswa-siswi SMK Negeri 8 dapat bertukar pikiran dan bertukar keahlian yang sangat membantu dalam pembuatan sebuah hasil karya dan juga berlatih tanggung jawab.

saling memberikan semangat dan menjalin kekerabatan dan mitra kerja yang baik, juga sebagai salah satu ajang unjuk kebolehan keahlian dan pengetahuan masing-masing sekolah.

TUJUAN

- siswa-siswi SMK Negeri 8 Semarang dapat mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dalam pembuatan kartun dan desain –desain lainnya dari siswa didik dan staff pengajar STSRD visi.

- mengetahui berbagai cara dalam pembuatan kartun dan desain-desain lain.

- menambah ilmu dan pengetahuan dalam pembuatan kartun, pensablonan dan ilmu dari mahasiswa dan staff pengajar STRSD visi.

- menambah dan melebarkan kemitraan SNK Negeri 8 Semarang dengan sekolah tinggi seni rupa desain visi ( STSRD visi).

MANFAAT

- siswa-siswi SMK Negeri 8 Semarang dapat membuat sebuah rangkaian gambar diam menjadi gambar gerak secara sederhana dengan peralatan dan software yang sederhana

- siswa-siswi SMK Negeri 8 Semarang dapat mengetahui lebih jauh pembuatan fil kartun / animasi dan hasil desain lain dari contoh siswa didik dan staff pengajar STSRD visi

PENDAHULUAN

Salam Kreatif !!!

Selamat datang di dunia kami. dunia dimana semua yang normal menjadi special , dunia diamna yang biasa menjadi luar biasa. mendalami sesuatu dengan keuletan dan ketekunan, meniti ilmu hingga menjadi lautan ide. meneteskan warna di dunia hitam putih, mengalunkan musik di dunia tanpa nada. disini otakmu bermain lincah dan hatimu lebih berarti, mempunyai warna yang lebih dalam dan memiliki sebuah tujuan. menuju dunia yang lebih baik dunia yang kreati.

Tentang STSRD Visi

Seperti layaknya sebuah kehidupan kamipun terus bergerak maju dan berkembang. Bold yang merupakan sebuah naungan para pejuang kreatif, kini berbuah menjadi Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia (STSRD visi). Ilmu yang dahulu sudah ada dan matang akan bermunculan kembali dengan kekuatan yang baru. Berenergi dan terus berevolusi dengan segala etmosfer yang ada di sekitar kita.

Kita menyebutnya dengan “visi” sebuah metamorfosis dari ADVY sebuah kampus yang akan terus kreatif.

Visi berdiri dengan ijin penyelenggaraan :

SK Mendiknas Ri No.216/D/0/2008

Memiliki 2 Program yaitu :

S1 Dersain komunikasi visual

D III Desain Kuomunikasi visual

Dengan Visi, maka kita akan memandang lebih jauh ke depan. Mampu mewujudkan sebuah gambaran menjadi sesuatu yang nyata. Terus maju, berkembang dan berbuah menjadi lebih baik.

Dosen


Andang Suprihadi, Drs. , M.Sn.

Andika Dwijatmiko, S.Sn.

Agustin Hartanto, Drs. , M.Sn.

Budi Yowono, S.Sos. , M.Sn.

Dedy Setyawan, S.Sn. , M.Sn.

Hartono Kardani, Drs. , M.Sn.

Helga Korda, Dra. , M.Sn.

H.M. Danang Syamsi, Drs. , M.Sn.

H.M. Umar Hadi, Drs. , M.S.

P.Gogor Bangsa, Drs. M.Sn.

Prayanto WH. , Drs. , M.Sn.

Sudjadi Tjipto R. , S.Sn.

Soewardi, Drs.

Wahyu Tri Widadyo, SS. , M.Sn

Wibowo, Drs. , M.Sn.

Des Kom Vis Manual



Prospek


Lulusan Sekolah tinggi seni rupa dan desain visi Indonesia (STSRD Visi) Yogyakarta bisa bekerja di biro Iklan, creative Boutique, graphic design, media cetak, televise, penerbit dan percetakan, Web production, marketing service, out door system, studio foto, production House, perusahaan Animasi.

Mata perkuliahan S1

Desain elementer

Bahasa gambar

Komputer grafis

Animasi 2D dan 3D

Gambar bentuk

Deskomfis

Ilustrasi Manual dan digital

Produksi Grafika

Tipografi

Fotografi Desain

Copy Writing

Estika

Tinjauan Desain

Metodologi Desain

Teknik presentasi

Desan Web

Visual Merchandising

Komik

Multimedia

Kerja Profesi

Tugas Akhir



Materi D3


Produksi video clip dan iklan TV

Animasi 2D dan 3D

Tipografi dan ilustrasi

produk grafika

Fotografi Desain

Desain Komunikasi Visual



Studio :


Studio komputer

Studio Multimedia

Studio fotgrafi desain

Studio Grafika



Fasilitas


Aula

Perpustakaan

Gallery

Free Hotspot Area

Musholla

Koperasi

Program Profesi Fotografi

Materi Perkuliahan


Digital Photography

Digital Imaging

Commercial photography

Advertising Photography

People Conceptual Photography

Fashion Photography

Special Effect

View Camera Techmique

Portfolio



Pengajar


Agus. S. Leonardus, AFIAP, AFPSI

Aam Ito, A.Md

Alexandri Kardani, M.Sa

Nofria Doni Fitri, M.Sa,AFPSI

Prayanto, M.Sa

Program Profesi Desain Grafis



Materi Pengajaran


3D Studio Max

Komputer Grafis

Tipografi Digital

Ilustrasi Digital

Grafika Digital

Pengajar


Aam Ito T,A. Md

Andika DJ, S.Sn

Drs. Hartono K, M.Sn

Drs. HM Danang Syamsi, M.Sn

Sudjadi Tjipto R,S.Sn

Wahyu TW,SS,M.sn

SOFTWARE yang Digunakan

  1. Corel draw
  2. Adobephotoshop
  3. Adobe Illustrator
  4. Marcomedia Flash
  5. Macromedia Dream Weaver
  6. Movie Maker
  7. Indesign

WARDWARE yang Digunakan

  1. PC
  2. Laptop
  3. Camera Digital
  4. Scanner
  5. Lightbox (Meja pembuatan kartun)
  6. Pegbar (Tempat menempatkan kertas)
  7. Drawing paper
  8. rostum (tempat memotret gambar)

Proses Pembuatan

Pendahuluan

Animasai kartun adalah animasi sel dikatakan animasi sel karena gambar terdapat pada sel-sel yang terpisah dan dirangkai sejumlah gambar diam (frame) yang di mainkan secara simultan dengan urutan dan kecepatan tertentu pada sebuah layar sehingga menimbulkan kesan bergerak.

Langkah-langkah

- Desain Bergerak

- Design character adalah menggambar karakter alternative

  1. Ide

Dengan bantuan stoyboard artist (penerjemah ide dalam bentuk gambar)

  1. storyboarddartist

Setelah diterjemahkan storyboard dan menjadi panduan proses-proses selanjutnya dengan ditambah scriptnya (dialog).

  1. polling breakdown

Penghitung durasi suatu adegan gambar yang akan di gambar . mulai awal sampai akhir

  1. Penggambar
  2. Scanning

masuk ke scanning lalu dirangkai sesuai aturan , direkam dan ditambah efek suara.

  1. pindah ke media( EX : cd, flashdisk, ll )

Alat-alat :

  1. Lightbox

meja khusu untuk pembuatan gambar karakter kartun

  1. pegbar

tempat untuk penempatan drawing paper agar letaknya presisi.

  1. Drawing paper

media kertas gambar untuk menggambar kartun

  1. Rostrum

tempat untuk memotret gambar karakter kartun

macam-macam teknik :

  1. Cut out animation adalah aniamsi potongan- potongan kertas yang dijadikan yang berasal dari gambar gerak.
  2. Sand animation adalah animasi yang berasal dari pasir. salah satu sand animatin terkenal adalah nana yahou
  3. Stop animation adalah animasi yang berasal dari boneka-boneka yang karakternya didesain khusus. contonya pada film animasi corps bride

KESIMPULAN

Dengan adanya study banding ke sekolajh tinggi seni rupa desain visi (STSRD visi) penulis dapt mengetahui lebih banyak tenyang pembuatan, langkah-langkah juga cara membuat kartun dan film animasi yang tingkatannya sudah profesional. bukan hanya itu saja, penulis mendapatkan ilmu tambahan seperti pembuatan desain mug(gelas) dengan cara sablon, fotografi, pembuatan kaos, brosur, komik, dan penulis diberi kesempatan untuk melihat tugas akhir para siswa didik sekolah tinggi sni rupa desain visi (STSRD visi) agar menjadi ilmu tambahan dalam pembuatan laporan dan tugas akhir.

penulis juga dapat menambah teman dan mitra kerja untuk saling bertukar informasi dengan dengan para anak didik sekolah tinggi seni rupa desain visi (STSRD).

SARAN

Sebaiknya bukan kali ini saja dilakukan kunjungan study banding dengan universitas yang berdasarkan ilmu kommputer namun juga menjadi agenda rutin tiap tahunnya agar ilmu siswa-siswi lebih luas lagi terutama tentang multimedia