24.10.09

LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN KE BALI 3 – 7 MEI 2009

LAPORAN

KULIAH KERJA LAPANGAN

KE BALI 3 – 7 MEI 2009

Disusun Oleh:

  1. Winarno Andi Wijayanto (07410369)
  2. Witri Nuryanti (07410370)
  3. Wiwit Lili Sokhipah (07410371)
  4. yulika Refana (07410372)
  5. Yunita Puspita sari (07410373)

FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PGRI SEMARANG 2009

PERSETUJUAN

Laporan kuliah kerja Lapangan (KKL) ini telah diperiksa dan di setujui oleh Dosen pembimbing untuk melengkapi tugas-tugas sebagai syarat menempuh mata kuliah Kerja Lapangan (KKL) IKIP PGRI Semarang, pada:

Hari :

Tanggal :

Dosen Pembimbing

Drs. Murywantobroto,M.Hum

NIP.

PENGESAHAN

Diterima dan disyahkan oleh Ketua Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Semarang, sebagai syarat menempuh mata Kuliah “Kuliah Keja Lapangan (KKL).”

Hari :

tanggal :

Ketua Program Studi

Drs. Harjito, M.Hum

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan lapuran Kuliah Kerja Lapangan(KKL).

Penyusunan lapuran ini merupakan salah satu kewajiban bagi mahasiswa IKIP PGRI Semarang sebagai akademikdalam kuliah kerja Lapangan (KKL) IKIP PGRI Semarang.

Penyusun menyadari sepenuhnya bahwa penulisan laporan ini jauh dari sempurna, oleh karenanya sangat diharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat membangun demi sempurnanya laporan ini.

Pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya lapoaran ini kepada :

  1. Bapak DR. Solistyo, M.Pd selaku rector IKIP PGRI Semarang.
  2. Bapak Drs. Harjito, M.Hum selaku kaprogdi PBSI
  3. Bapak Drs. Murywantobroto, M. Hum selaku DPL kelas 4H
  4. Semua pihak yang telah banyak membantu sehingga laporan ini dapat tersusun dengan baik.

Besar harapan penulis semoga laporan kuliah kerja lapangan ini bermanfaat dan membantu pengembangan ilmu pengetahuan.

Semarang, Mei 2009

Penulis

DAFTAR LAMPIRAN

  1. Foto Universitas Udayana
  2. Foto Bali TV
  3. Foto Tari Barong
  4. Foto Begudul

BAB I

PANDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Dalam usaha perwujudan mahasiswa yang berkualitas dan berdedikasi tinggi terhadap tugas dan kewajibannya tentu harus diiringi dengan pembekalan pengetahuan pengetahuan mengenai profesi yang disandanginya, sebagai mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam melaksanakan kuliah hendaknya tidak hanya memperoleh meteri didalam kelas saja, nuamun juga langsung praktek di lapangan. Melalui Kuliah Kerja Lapangan (KKL) sangat relevan diterapkan bagi mahasiswa, supaya mahasiswa pengetahuannya tidak menonton di dalam ruang kalas saja, namun juga mengetahui kondisi social budaya yang ada.

  1. Tujuan KKL

tujuan kuliah kerja Lapangan (KKL) ini adalah “supaya mahasisiwa memperoleh penegetahuan yang relevan dengan bidang study yang sedang ditekuni. di samping itu mahasiswa juga memperoleh pengalaman langsung berkaenaan dengan fakta budaya.

  1. Permasalahan

dalam laporan ini penulis mengangkat masalah perjalanan kuliah kerja lapangan di pulau bali secara keseluruhan, inipun hanya penulis uraikan secara garis besarnya. permasalahan dalam laporan ini adalah bagaiman perkembangan dan perjalanan kuliah kerja lapangan (KKL) pada objek study dan wisata.

  1. Metode Penulisan

untuk menyelesaikan penulisan laporan ini metode yang digunakan antara lain:

  1. metode observasi

penulis mengadakan pengamatan dan penelitian secara langsung untuk m,emperoleh data atau bahan –bahan yang diperlukan umtuk menyusun laporan ini.

  1. metode dokumentasi

penulis mengambil uraian-uraian dalam pengumpulan data dengan cara membaca buku , brosur yang ada kaitannya denagn topic laporan ini.

  1. metode interview

penulis mengadakan Tanya jawab dan wawancara dengan petugas lembaga yang bersangkutan.

  1. sisitematika penulisan

untuk memberikan gambaran kepada pembaca tentang isi laporan ini penulis susun dengan sistematika sebagai berikut :

BAB I. PENDAHULUAN

pada bab ini penulis mengemukakan tentang latar belakang KKL, tujuan KKL, permasalahan, metode penulisan dan sistematika penulisan.

BAB II. SEKITAR OBJEK STUDY DAN OBJEK WISATA

pada bab ini penulis mengemukakan tentang

  1. objek study
  1. universitas udayana
  2. balai tv
  3. museum kartun Indonesia bali
  4. tari barong dan rangda
  1. objek wisata
  1. pantai kuta
  2. pasar seni sukawati
  3. bedugul

BAB III. PENUTUP

pada bab ini penulis mengemukakan tentang simpulan dan saran